MEMBANGUN FASHION BRAND 3

MEMBANGUN FASHION BRAND YANG SUKSES.

Membangun sebuah fashion brand yang mapan tidak cukup hanya bermodalkan sebuah merk yang sudah didaftar dan kemampuan mendesain aja. Tapi juga butuh sebuah profesionalitas, dedikasi, konsistensi dan kapabilitas managerial yang terintergritasi dalam membaca selera customer dan kebutuhan pasar.

Karena itu, adalah sesuatu yang wajar kalo dalam membangun sebuah badan usaha yang baik,  pada akhirnya kita membutuhkan sebuah kerjasama yang baik pula  dalam sebuah tim yang solid. Tidak mungkin sebuah bisnis yang mapan bergerak dengan hanya mengandalkan gaya kerja konservatif model "one man show".

Nah, buat Anda yang ingin memiliki sebuah fashion brand sendiri, berikut ini ada beberapa hal yang perlu Anda miliki.

1. Tentukan visi, misi, strategi, dan goal yang jelas dari usaha yang ingin Anda rintis.
2.  Fokus pada apa yang menjadi awal kekuatan Anda. Seandainya Anda, misalnya, lebih merasa menguasai bisnis pakaian pria, maka janganlah Anda mencoba mengawali bisnis Anda dengan membuat pakaian anak atau juga membuat pakaian pria dan wanita sekaligus.
3. Tentukan customer profile dari fashion brand Anda dengan segmentasi dan target customer yang jelas, termasuk bagaimana lifestyle mereka sehari hari.
4. Bentuk tim yang solid mulai dari tim kreatif (desain, pola, produksi, purchasing), visual merchandising, sampai ke marketing dan.operasional.
5. Buat business plan yang jelas dengan juga melakukann analisa SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, dan Threat) dari fashion brand Anda dibanding kompetitor.
6. Ciptakan produk berkualitas yang punya nilai lebih bukan sekedar karena harganya.yang murah aja. Tapi juga misalnya, punya keunggulan dalam customer service atau produk yang selalu inovatif dll.
7. Konsisten dalam line rancangan Anda sehingga anda memiliki karakter dan.identitas sendiri yang membedakan merk Anda dengan yang lainnya.
8. Lakukan strategi marketing yang.inovatif termasuk digital marketing dan.pendekatan kepada komunitas.
9. Pastikan Anda memiliki produk yang baik dengan kemasan yang baik, dijual di lokasi strategis dan memiliki presentasi visual display yang baik.
10. Jangan pernah bosan mengamati perubahan apa yang terjadi pada gaya.hidup yang menjadi kebutuhan customer anda.dan bukan apa yang Anda sukai. Karena dari sinilah Anda akan bisa menghasilkan produk yang bisa diterima pasar.

Nah, selamat menciptakan fashion brand yang sukses. Kalo udah berhasil, jangan lupa undang saya menyaksikannya. 😀😀😀 (Harry Gunawan)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

15 KARAKTER ENTREPRENUER YANG BAIK

MENDESAIN BUSANA DARI IDE KE PROTOTYPE

MERCHANDISE MIX